17  June  2010

Novel Grafis: Hanyut 1– 4

Komikus/Kartunis: Yoshihiro Tatsumi
Penerjemah: Yoko Nomura, Yoko Takebe
ISBN: 978-979-26-9030-9, 978-979-26-9031-6, 978-979-26-9032-3, 978-979-26-9033-0
Tahun Terbit: 2010
Ukuran: 14 x 20 cm, 880 hlm
Harga: Rp. 180000
Diskon: (15%) Rp. 153000

Baca ulasan Eka Kurniawan
Seno Gumira Ajidarma

Novel Grafis Hanyut boleh dibilang bersifat otobiografis, cuma nama tokohnya diubah menjadi Hiroshi Katsumi (masih dekat dengan Yoshihiro Tatsumi). Tampaknya itu dilakukan agar pencipta memiliki jarak dengan sosok dirinya di sana. Otobiografi sepanjang lebih dari 800 halaman ini awalnya merupakan “cerita bersambung” dalam majalah Mandarake selama 12 tahun. Baru kemudian diterbitkan dalam bentuk buku. Edisi terakhir dalam bahasa Jepang terbit dalam dua jilid (yang menjadi sumber terjemahan ke bahasa Indonesia), dan dalam bahasa Indonesia terbit dalam empat jilid. Tentu novel grafis ini bukan otobiografi murni, juga bukan sekadar sejarah jatuh-bangunnya manga dan gekiga (istilah yang dicetuskannya dan kemudian menjadi sebuah genre tersendiri dalam khasanah manga Jepang), karena Tatsumi tidak lupa menorehkan peristiwa budaya penting dalam sejarah Jepang sesudah perang seperti penemuan mesin cuci, kontes Miss Universe, kecelakaan kereta api dan kapal laut, masuknya Coca Cola, dll. Kisah diri yang terjalin dengan sejarah manga itu ditaruh dalam konteks sosial sezaman, hingga pembaca juga bisa lebih paham akan sejarah sosial Jepang. Kisah dimulai pada Agustus 1945 dan terentang hingga Juni 1960.

Untuk karya ini Tatsumi ini memenangkan Eisner Award 2010 (penghargaan paling bergengsi untuk novel grafis) untuk kategori karya berdasar realitas dan untuk kategori karya terbitan Amerika Serikat berdasarkan materi internasional-Asia.

9 Responses to “Novel Grafis: Hanyut 1– 4”

momo:

film drifting life sedang dibikin lho.

satriaji:

Yup sudah selesai saya baca semuanya…cukup menarik terutama pengetahuan mengenai latar belakang manga dan lahirnya gekiga…

Yang agak rancu pada saat membaca adalah terjemahan kata ‘alhamdulillah’ yang muncul 2-3 kali…
Konyol saja membayangkan orang jepang ngomong itu….

hellofitti:

Sakut buat NALAR!
Saya penggemar komik dan manga sejak masih kecil, Seiring bertambahnya usia, saya tidak bisa lagi membaca komik dan manga yang diterbitkan di Indonesia yang kebanyakan diperuntukkan untuk anak-anak.
Saya selalu mengharapkan suatu saat ada penerbit yang bersedia menerbitkan komik dan manga untuk orang dewasa. Beberapa tahun terakhir ini, sudah ada beberapa novel grafis untuk orang dewasa yang sudah diterbitkan, walaupun jangka waktu penerbitannya tergolong lama.
Saya sangat gembira ketika menemukan novel grafis Yoshihiro Tatsumi ada di toko buku. Harapan saya, NALAR dapat menerbitkan novel grafis dewasa lebih banyak lagi dari mangka/komikus terkenal dari Jepang maupun dari negara lain (misalnya, Guy Delisle dari Kanada).
Terima kasih sudah menerbitkan buku ini. Sukses buat NALAR! :)

surya ari kusuma:

sangat menarik untuk di baca, desain sampulnya juga menarik nan simpel.
saya beli 1-3 saja uangnya tidak cukup!
kwalitas buku sanagt bagus rapih…..
wah sayang saya tidak tau kalo ada diskon 15% ….

salut deh buat semuanya!
akankah penerbit nalar memberikan gratis kepada surya HANYUT Ke 4?
(maaf)

surya ari k
Kelas XII IPS 2
SMA A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG 61400

momo:

saya ikut bikin film animasi tatsumi lho

akijenggot:

menyenangkan sekali membaca komik jepang yang menyegarkan. diberikan kepada saya sebagai hadiah oleh seseorang, komik ini menjadi salah satu bacaan yang wajib dikoleksi.
terimakasih nalar.

Ismi Zekri:

Menyenangkan dan membuat fresh bisa membaca komik.

Brendon Torrain:

Oh my goodness! an amazing article dude. Thank you However I am experiencing issue with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting identical rss problem? Anyone who knows kindly respond. Thnkx

PREDIKSI NOMOR TOGEL JITU:

Kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada AKI NUGROHO atas bantuanya no 4d (7427) benar2 tembus 100% bila mau bukti hubungi AKI NUGROHO di nmr ini ;0823=1920=8865; Trma ksh.

Leave a Reply